Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Cara Memperbaiki Hardisk Bad sector

Cara  Memperbaiki Hardisk Bad Sector- Mendengar istilah Bad Sector di perangkat keras Hardisk mestinya membuat kita cemas. Hardisk Bad Sector yaitu sebuah  masalah yang terjadi sebagian kecil dari ruang dari hardiskyang mengalami kerusakan.

Bad Sector yang terjadi pada hardisk ini tidak merespon sebuah permintaan untuk membaca sebuah data atau sebuah perintah yang di lakukan oleh user. Tipe kerusakan yang di lamai oleh hardisk bad sector di karenakan kerusakan fisik yaitu hardisk terjatuh atau hardisk rusak karena software.

Cara mengatasi kerusakan hardisk bad sector  dari kedua tipe di atas yaitu dari sisi fisik yang di karenakan hardisk terjatuh itu tidak dapat di perbaiki sedangkan hardisk mengalami kerusakan karena software itu dapat di perbaiki. Untuk mengatasinya anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian mempelajari cara mudah untuk memperbaikinya.

Sebuah kerusakan Bad Sector pada hardisk ini terjadi pada hardisk magnet (hardisk dari komputer lama) dan juga hardisk SSD (Solid State Drives). Ada dua tipe kerusakan Bad Sector pada hardisk yang perlu kalian ketahui sebelum memperbaiki kerusakan bad sector yang terjadi yaitu sebagai berikut.

Tipe hardisk bad sector ada 2 yaitu :

• Hard bad sector

• Soft bad sector

1. Hard bad sector (fisik)

Hard bad sector adalah storage yang rusak pada hardisk yang disebabkan oleh benturan fisik dari luar. Contohnya hardisk terjatuh dan komponen di dalamnya ada yang rusak, hardisk terkena debu dan merusak sector hardisk, cairan flash memory sudah mengering sehingga menyebabkan bad sector dan hal – hal lainnya.

Tipe kerusakan fisik ini bisa dilihat oleh mata secara langsung, apa penyebabnya. Jika hard bad sector ini terjadi maka hardisk sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Penyebab Hardisk Hard Bad Sector

  • Hardisk yang terlalu panas / overheat
  • Hardisk sudah mulai aus
  • Hadisk terjatuh atau tergoncang
  • Hardware lain yang sudah mulai “tua” dan mempengaruhi kinerja hardisk
  • Listrik yang tidak stabil
  • Ruangan yang berdebu
  • Komputer terjangkit virus atau malware
  • Hardisk SSD drop

2. Soft bad sector (software)

Soft bad sector adalah storage hardisk yang kinerjanya terganggu atau error. Soft bad sector ini terjadi karena sistem operasi yang membaca data hardisk di sector lain. Hal ini ditandai dengan adanya ECC (Error Correcting Code) yang tidak sesuai dengan konten sehingga menyebabkan sector menunjukkan sesuatu yang keliru.

Sistem operasi akan membacanya sebagai bad sector, tapi untungnya kerusakan ini bisa diperbaiki dengan mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan Tools Windows Disk Check untuk memperbaiki soft bad sector ini.

Penyebab Hardisk Soft Bad Sector

  • Komputer tidak di shutdown dengan benar
  • Komputer dimatikan paksa atau mati secara tiba-tiba
  • Adanya virus atau malware di hardisk

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Ada banyak faktor yang memengaruhi kerusakan hardisk atau bad sector. Terdapat dua jenis bad sector pada hardisk, yaitu secara fisik dan software. Biasanya, secara fisik terjadi karena hardisk terkena debu, kotoran, kepanasan, jatuh atau lainnya. Walaupun begitu, kondisi kerusakan tersebut tidak mungkin dapat diperbaiki. Sebaliknya secara software, hardisk mengalami kondisi bad sector apabila terjadi kerusakaan saat pengoperasian komputer, seperti ancaman virus. Kondisi kerusakan ini masih ada kemungkinan untuk diperbaiki.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Sebelum melakukan perbaikan terhadap hardisk bad sector, kita harus melakukan pengecekan kondisi hardisk terlebih dahulu. Dalam sistem operasi Windows, untuk mengecek kondisi hardisk melalui Disk Check Tool atau chkdsk. Lebih jelasnya, simak ulasan mengenai cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Disk Check Tool.

1. Buka Windows Explorer atau Tekan Windows + E pada keyboard.

2. Klik kanan pada disk yang akan di cek, kemudian pilih Properties. Disini saya memilih Disk C:. Lalu, pilih tab Tool.

3. Setelah itu, klik Check Now pada bagian Error Checking.

4. Sebuah kotak dialog kecil akan muncul dengan dua opsi yang harus Anda pilih. Ceklis kedua opsi tersebut jika Anda ingin mengecek dan memperbaiki bad sector secara keseluruhan. Namun jika Anda ingin mengeceknya saja, maka cukup ceklis opsi yang pertama.

5. Klik tombol Start untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan.

Namun, dalam proses pengecekan dan perbaikan berlangsung cukup lama tergantung kapasitas dari hardisk tersebut dan seberapa banyak data didalamnya. Dengan begitu, sebaiknya untuk melakukannya ketika komputer atau laptop tidak sedang digunakan. Apabila terdapat soft bad sector, maka Disk Check akan memperbaikinya untuk  dapat digunakan lagi. Sedangkan apabila terdapat masalah bad sector yang lebih kompleks, maka Windows akan kembali menjalankan Disk Check secara otomatis ketika komputer Anda dinyalakan.

Cara mencegah hardisk bad sector

Saya sudah menjelaskan bagaimana cara menggunakan fitur Disk Check tools untuk mengecek hardisk apakah terkena bad sector atau tidak. Cara mencegah bad sector ini harus anda lakukan supaya tidak terjadi kejadian bad sector untuk yang kesekian kalinya. Diantaranya :

• komputer harus memiliki sistem pendingin

• ruangan sekitar komputer harus bersih

• hindari komputer dari ruangan yang panas

• install antivirus di komputer anda dan scan secara rutin

• Gunakan UPS supaya mencegah komputer mati mendadak

• tata semua kabel hardware supaya tidak berantakan

• matikan komputer jika ingin memindahkannya ke tempat lain

Untuk mengantisipasi terjadinya bad sector ini cukup mudah, anda hanya perlu membackup semua data – data penting dan jika ada data yang hilang, silahkan scan hardisk anda dengan Disk Check tools yang sudah saya berikan caranya di atas.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan CMD

1. Buka program Command Prompt (CMD) sebagai administrator, caranya klik kanan dan klik Run as administrator , anda dapat mencari command prompt di pencarian atau windows explorer

2. Ketikan chkdsk /r /f d: kemudian tekan enter maka akan secara otomatis CMD akan menjalankan proses membaca bad sector (/r) dan memperbaiki (/f)  harddisk anda (d:)

Jika yang terjadi tidak seperti gambar diatas:

  • Jika muncul pesan Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Chkdsk may run if this volume is dismounted first. ALL OPENED HANDLES TO THIS VOLUME WOULD THEN BE INVALID. Would you like to force a dismount on this volume? (Y/N) maka ketik Y dan enter
  • Jika muncul pesan Chkdsk cannot run because the volume is in use by another process. Would you like to schedule this volume to be checked the next time the system restarts? (Y/N) Ketik Y dan enter

Mengingat pentingnya fungsi CHKDSK yang telah disediakan Windows ini, kita seharusnya rutin melakukan checkdisk di komputer kita untuk mencegah kerusakan yang tidak diingankan pad harddisk komputer kita.

Cara memperbaiki hardisk bad sector menggunakan HDD Regenerator

Penyebab hardisk bad sector

HDD Regenerator (HDDR) merupakan software komputer yang berfungsi untuk memperbaiki hardisk bad sector pada HDD. Aplikasi ini melakukan pemulihan atau perbaikan pada sector yang bermasalah supaya bisa berfungsi seperti sedia kala. Selain itu, HDDR bisa digunakan untuk semua merk hardisk komputer.

Cara menggunakan HDD Regenerator

Install software HDD Regenerator di komputer anda > anda bisa download aplikasinya melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Setelah di install, buka aplikasi Regenerator nya > anda akan menemukan tab menu seperti regeneration, help, full version dan tulisan click here to repair bad sector.

Setelah itu akan muncul 2 menu :

•  Bootable USB Flash (melakukan pemulihan bad sector melalui kabel USB).

•  Bootable CD / DVD (melakukan pemulihan bad sector melalui DVD / CD).

Anda bisa pilih tab menu regeneration untuk melakukan pemulihan bad sector secara langsung dengan kondisi windows aktif. Kemudian pilih Start Process Under Windows > pilih drive yang akan di scan > pilih start process.

Baca juga: Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Maka akan muncul seperti CMD untuk memberitahukan kerja dari HDD Regenerator dan proses perbaikan hardisk bad sector. Setelah itu akan muncul tulisan seperti scan but do not repair, scan and repair, show statistic, regenerate all sector in a range.

Anda pilih scan and repair untuk melakukan perbaikan dan isi nominal MB : misalnya isikan 10 > pilih M > proses sedang berjalan dan tunggu sampai proses selesai, biasanya memakan waktu yang lama.

Cara ini tidak menjamin bad sector bisa diatasi dengan sempurna, tapi apa salahnya mencoba. Jika hardisk sudah diperbaiki tapi tidak kembali normal, anda bisa mencobanya lagi hingga beberapa kali. Jika tetap tidak bisa, bawa komputer ke tempat reparasi.

Sampai di sini artikel Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector di atas semoga dengan pembahasan yang lengkap di atas bermanfaat dan membantu anda semua. Jika bermanfaat jangan lupa share artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *