Cara Mendiagnosa Kerusakan Power Supply

cara mendiagnosa kerusakan power supply

Cara Mendiagnosa Kerusakan Power Supply– Power Supply adalah sebuah Hardware di komputer yang mempunyai fungsi untuk pemberi sebuah tegangan serta arus listrik terhadap komponen-komponen Hardware yang terpasang di dalam sebuah komputer.

Power Supply atau biasa di sebut dengan PSU merupakan sebuah komponen penting di dalam sebuah PC ( Personal Computer) agar dapat di operasikan dengan lancar sesuai dengan prosedur di dalam mengoperasikan komputer.

Tapi kadang PSU juga terjadi sebuah masalah ketika ingin mengoperasikan komputer dan itu membuat kita kesal karena kita tidak tau akan cara memperbaikinya serta membuat repot kita membawanya ke tukang sehingga dengan permalasahan tersebut kita bingung untuk memperbaikinya.

Kali ini kami akan memberikan sebuah cara mendiagnosa persalahan Power supply di bawah ini agar dapat membantu anda yang masih awam untuk memperbaikinya sendiri. Baiklah mari kita bahas secara lengkap tentang cara mendiagnosa kerusakaan power supply di bawah ini secara lengkap.

Cara Mengenali Kerusakan Pada Power Supply

Sebelum memperbaiki sebuah permasalahan yang terjadi terhadap hardware Power Supply langkah yang harus kita ambil yaitu dengan cara mengetahui sebuah gejala atau mendiagnosa  sebuah kesalahan yang terjadi di perangkat keras  Power  Supply. Nah untuk lebih jelasnya cara mengenali  gejala kerusakan pada Power Supply mari kita simak berikut ini.

Baca Juga: cara memperbaiki hardisk bad sector

Gejala

  • Komputer tidak merespon pada saat tombol power dinyalakan.
  • LED pada CPU tidak menyala.
  • Kipas Fan pada powersupply (lihat pada bagian belakang) tidak berputar.
  • Monitor tidak menyala.

Diagnosa

Pastikan agar kabel power supply terhubung dengan baik ke socket motherboard dan tombol On/Off dalam keadaan On (tidak semua model Power supply ada tombol on/off). Jika semua dalam keadaan normal cobalah untuk mengganti kabel power yang terhubung langsung dengan listrik dengan kabel power komputer lain yang masih baik. Jika tetap tidak menyala maka anda dapat mengganti power supply baru.

Tambahan

Jika kerusakan hanya terjadi pada power supply, maka komputer anda akan kembali menyala seperti sedia kala terkecuali terdapat kerusakan pada komponen lainnya seperti pada Motherboard, VGA card atau Memory RAM.

Cara Cek Power Supply Dengan Multi Tester

Setelah anda  mendiagnosa kerusakan yang terjadi terhadap Power Supply  selanjutnya anda cek kerusakan yang terjadi di power supply menggunakan alat test  yaitu multi tester.  Jika ingin tau cara cek kerusakan yang terhadi power supply menggunakan  Multi Tester di bawah ini.

1. Menggunakan Multimeter, hal ini apabila kita akan mendiagnosa permasalah pada kabel tegangan PSU, Kita akan dapat mengetahui kabel yang memiliki arusa listrik atau tidak

2. Menggunakan power suppy tester untuk melakukan tes otomatis, Kita hanya tinggal menghubungkan kabel 20 atau 24 pin ke konektor yang telah tersedia.

Baca Juga: cara membersihkan virus shortcut di flashdisk

3.Tes manual dengan menghubungkan kabel hitam dan hijau menggunakan kabel pendek , untuk mengetahui power supply masih berfungsi atau tidak.

Untuk membahas secara lengkap cara tes manual kerusakan yang terjadi di perangkat Power Supply  yang kami sebut di atas. Kamu dapat membaca secara lengkap  cara cek manual kerusakan menggunakan ujung kabel  output kamu bisa simak secara lengkap di bawah ini.

Cara Cek Manual Kerusakan Power Supply

1.  Lepaskan kabel listrik PSU dari stop kontak.

2.  Lepaskan kabel output PSU dari Mainboard.

3.  Pasang kembali kabel listik (AC) PSU sehingga dalam PSU terdapat aliran listrik.

4.  Siapkan kabel penghubung sepanjang 10-15 centimeter yang kedua ujungnya dikupas.

5.  Pegang kabel out utama dari PSU, lalu hubungkan ujung kabel WARNA HIJAU dengan HITAM (yang penting hitam) dari salah satu kabel itu. Ingat! Yang jadi titik tolak logika adalah menghubungkan ujung kabel HIJAU dengan kabel lain. Sebenarnya boleh juga antara hijau dan merah, hijau dan kuning, yang penting salah satunya adalah HIJAU. Lihat caranya pada gambar dibawah ini.

Baca Juga: cara mengembalikan file terhidden di flashdisk

6.  Jika pada langkah 5 diatas kipas PSU bergerak/jalan maka PSU masih baik. Jika tidak jalan maka PSU rusak. Itu saja, sangat simpel caranya.

CATATAN PENTING ! : Hati-hati ketika menguji power supply, karena disini Anda menguji secara manual. Metode di atas melibatkan pasokan listrik tegangan tinggi, jika Anda tidak sangat berhati-hati Anda bisa menyetrum diri sendiri dan / atau merusak PSU Anda. Saya tidak mengatakan ini untuk menakut-nakuti Anda, tetapi prinsip ketelitian dan kehati-hatian sangat penting dalam bekerja. Namun sebelum hal itu terjadi lebih baik anda langsung menganti dengan yang baru.

Sekian artikel yang dapat kami berikan seputar Cara Mendiagnosa Kerusakan Power Supply di atas. semoga dengan artikel di atas bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *