Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 – Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna Windows adalah Blue Screen of Death. Sekarang untuk mengatasi masalah Blue Screen, kita dapat menggunakan beberapa metode.

Pengguna Windows tentu akrab dengan masalah BSOD yang terjadi pada komputer mereka.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada Windows 7, tetapi juga dapat terjadi pada semua sistem operasi Windows. Seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Selain itu masalah layar biru juga tidak terlihat pada merek laptop yang kami gunakan. Karena layar biru itu sendiri dapat ditemukan baik pada Asus, Acer, Lenovo, HP, dan merek laptop lainnya.

Blue Screen of Death atau biasa disebut BlueScreen adalah suatu kondisi di mana Windows hanya akan memunculkan warna dan teks biru tertentu pada layar monitor.

BSOD ini dapat muncul karena beberapa faktor, seperti masalah perangkat lunak atau masalah dengan perangkat keras komputer.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows

Berikut ini beberapa langkah yang harus kita ambil untuk mengatasi masalah layar biru.

1. Restart Komputer/Laptop

Cara pertama untuk mengatasi layar biru adalah dengan me-restart laptop Anda terlebih dahulu.

Nyalakan kembali komputer yang bisa kita lakukan dengan menekan tombol restart pada komputer kemudian tunggu sampai komputer mulai lagi.

Jika kita menggunakan laptop, maka kita tidak mengatur tombol restart, kita dapat mematikan laptop kita.

Yaitu dengan menekan dan menahan tombol power hingga laptop benar-benar mati. Kemudian nyalakan kembali laptop.

Setelah PC Anda aktif dan proses booting selesai, komputer Anda dapat digunakan kembali seperti biasa.

Tetapi jika metode ini tidak dapat mengatasi Blue Screen of Death. Kita dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.

2. Melakukan Scan Virus

Jika memang perbaikan sistem operasi dan pembaruan Windows masih tidak berfungsi. Mungkin saja komputer kita terinfeksi oleh Virus atau bahkan Malware.

Karena Virus atau Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer kita mengalami Blue Screen.

Sayangnya tidak banyak orang tahu bahwa Malware adalah penyebab utama yang dapat merusak perangkat lunak, driver, dan bahkan file sistem di komputer kita.

3. Booting ke Safe Mode

Cara mengatasi layar biru kedua adalah boot ke mode aman. Anda dapat memasuki mode aman. Dalam safe mode, Windows akan secara otomatis mengambil beberapa driver penting. Ini dapat dilakukan terutama ketika layar biru yang terjadi adalah karena Anda salah menginstal driver yang menyebabkan layar biru.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

4. Instal Update Driver

Layar biru dapat disebabkan oleh kesalahan menginstal driver atau driver tidak diperbarui. Mengatasi layar biru dapat dilakukan dengan menginstal driver terbaru atau memperbaruinya.

5. Install Ulang Windows

Jika setelah melakukan sejumlah cara di komputer kita masih tidak dalam kondisi baik, kita dapat menginstal ulang Windows.

Dengan cara ini komputer akan kembali ke kondisi segar. Sehingga kita tidak akan mengalami lebih banyak masalah Blue Screen of Death.

Namun, jika kita melakukan cara ini layar biru masih mendekat. Maka kemungkinan besar ada masalah dengan kit perangkat keras komputer.

Baca juga : Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

6. Periksa Perangkat Keras (Hardware)

Jika kita menggunakan semua metode di atas dan kita masih mengalami layar biru, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada perangkat keras kita.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kondisi hard drive kita. Karena secara umum, layar biru sering terjadi karena ada kerusakan pada hard disk kita.

Setelah itu kita juga bisa mengecek perangkat keras lain seperti RAM. Jika kita tidak tahu masalah perangkat keras komputer. Maka kita harus membawa komputer kita ke pekerja layanan.

Itulah 6 cara mengatasi Layar Biru pada komputer Windows. Lakukan beberapa cara di atas agar komputer kita berjalan normal.

Jika layar biru dapat diselesaikan dengan cara tertentu, maka kita tidak perlu lagi melanjutkan ke cara berikutnya.

Jaga baik-baik komputer Anda sehingga komputer Anda terlindungi dari berbagai masalah seperti Blue Screen of Death.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *