Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Apakah kalian pernah mengalami komputer mati atau restart sendiri, apalagi pada saat kita lagi melakukan aktifitas semacam main game, mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan kantor, betapa jengkelnya kita  jika hal demikian terjadi. Saya sendiri sebagai seorang yang tidak lepas dari komputer Rasanya tidak menyenangkan ketika sedang asyik bermain game, atau mengerjakan sesuatu tiba-tiba PC mendadak restart dengan layar monitor blank.

Seperti yang sudah kita ketahui, laptop adalah perangkat komputer yang paling umum digunakan saat ini, karena laptop itu portabel, sehingga mudah dibawa kemana-mana, tetapi sekarang laptop memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan komputer / PC.

Namun masalah yang sering terjadi ketika kita menggunakan laptop adalah seringnya restart tiba-tiba tanpa perintah kita, ini akan menjadi masalah besar ketika kita melakukan hal-hal penting. Berikut penjelasan beberapa faktor dan solusi untuk mengatasi seringnya laptop restart sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Nah disini saya akan membagikan kepada anda semua cara mengatasi hal yang demikian itu, maka dari itu simak ya  beberapa hal yang akan saya bagikan kepada kalian semua.

1. Periksa RAM

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Anda bisa mencoba  periksa RAM pada PC yang anda punya  apakah sudah berkarat atau berdebu? Jika RAM berkarat atau berdebu, bersihkan dengan pembersih seperti kuas dan penghapus untuk digosokkan pada karat RAM. Setelah anda melakukan hal tersebut, coba lihat apakah PC sudah normal atau belum untuk digunakan mengetik atau main game. Jika masih belum normal, ganti RAM kamu atau tambah kapasitas RAM, misalnya tadinya hanya berukuran 2 GB, tambah lagi menjadi 4 GB, karena game sekarang membutuhkan RAM yang cukup besar, bukan hanya dicek dibagian itu saja, jika masih ada beberapa hal yang masih belum normal silahkan anda cek di bagian VGA.

2. Periksa VGA

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Bicara mengenai VGA Biasanya masalah di bagian VGA External bukan dibagian Onboard. Dan untuk membersihkannya  sama dengan RAM, bersihkan debu atau bersihkan karat. Namun, perbedaannya, VGA card eksternal biasanya mengalami panas. Coba periksa fan-nya, jika tidak berfungsi dengan baik, ganti dengan fan yang baru atau jika fan tidak bermasalah, coba pakai thermal paste agar VGA menjadi lebih sejuk.

3. Periksa Prosesor

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Mengenai Processor, Prosesor merupakan otak dari komputer jika overheating sangat tidak disarankan untuk dipaksakan melakukan aktivitas pada PC. Maka jika sedang bermain game, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu, lalu lanjutkan kembali.  Gunakan prosesor yang kecepatannya di atas 3.0 GHz untuk hasil yang lumayan saat bermain game. Sekarang sudah zamannya Processor yang diatas 3.0 yaitu  sudah core i3, i5, dan i7.

Baca Juga : Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

4. Periksa Power Supply (PSU)

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Power supply bisa mengakibatkan lemah dalam pelaksanaan aktifitas pada PC, Power supply adalah bagian terpenting pada PC untuk mengalirkan daya pada semua komponen PC. Jika kebutuhan daya pada PC 700 watt, tetapi PSU yang digunakan hanya memiliki daya 450 watt, maka bersiaplah PC mengalami restart dan mati dengan sendirinya saat sedang bermain game atau aktivitas lainnya. Maka dari itu anda wajib untuk memeriksanya walau power supply hanya pengatur arus listrik yang akan dibagikan ke semua komponen.

Jika hal demikian terjadi, Solusinya jika memakai PSU bawaan atau PSU berdaya rendah, maka ganti dengan PSU baru yang dayanya jauh lebih besar dari sebelumnya. Untuk mereknya gunakan yang terpercaya, seperti AcBel, Antec, CORSAIR, FSP, TAGAN, THERMALTAKE, dan XIGMATEX, Dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Periksa Program atau Aplikasi

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Operating system yang kehilangan beberapa komponen bisa mengakibatkan restart sendiri karena ada beberapa komponen yang di hapus oleh virus, Beberapa OS (Windows, Linux, Mac, dan lainnya) biasanya ada yang support dan tidak untuk menjalankan sebuah aplikasi, program, ataupun game. Jika ada masalah restart PC saat menjalankan program, maka solusinya instal ulang sistem operasi. Terkadang ada program yang juga crash atau error, jika yang bermasalah seperti game, maka instal ulang, update atau ambil filenya dari warnet, karena biasanya game tersebut open source, gratis untuk dipublikasikan. Berbeda dengan aplikasi lain yang harus benar-benar asli.

Itulah beberapa cara supaya anda terhindar dari restart dengan sendirinya. Apabila cara di atas sudah kamu lakukan tapi masih juga tidak ampuh, maka cara lainnya adalah membongkar dan servis PC kita sendiri.

Semoga ilmu tersebut sangat bermanfaat kepada anda semua, mohon maaf jika ada hal yang salah dalam bentuk penulisan dan dalam ucapan yang kasar, dan jika artikel ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk like, comment dan share. Thanks salam Aplimouse.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *